Subscribe via email

Yuk! Berlanggan disini, masukan saja E-Mail kamu di bawah ini GRATIS.

Jumat, 13 Agustus 2010

Penciptaan alam semesta dan isinya menurut Al-Qur'an

penciptaan langit dan bumi. Gambar lafadz Allah melekat di bumi

Penciptaan alam semesta beserta isinya memang mengandung makna yang dalam. Allah SWT sebagai sang pencipta, menciptakan jagat raya ini tidak langsung berbentuk dan langsung bisa di tempati akan tetapi melalui tahapan dan jangka waktu, bukan karena Allah tidak mampu untuk melakukannya akan tetapi manusia di ajarkan untuk berpikir bagai mana proses terjadinya bumi dan langit, hingga diantara dari ratusan milyar planet hanya bumi yang bisa di tempati untuk makhluk hidup.

Versi nebula yang di sepakati oleh Kebanyakan para ilmuan meyakini bahwa proses itulah yang membuat terbentuknya planet bumi,sedangkan menurut firman Allah SWT dalam beberapa ayat-Nya yang menjelaskan bahwa penciptaan langit dan bumi beserta isinya adalah 6 masa. QS. Qaaf : 38.

Artinya:
“Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan.”


ke enam masa dalam Al-Qur'an yaitu:
2 masa pertama merupakan masa untuk menciptakan bumi sebagai hamparan dan fondasi.
2 masa berikutnya untuk menciptakan langit dan bintang-bintang.
2 masa terakhir untuk menciptakan beraneka ragam makhluk hidup yang menepati bumi.
Dan di pertegas dengan beberapa ayat lain yang mengisahkan cerita yang sama. Yakni QS. Yunus : 3 ; QS. Huud : 7 ; QS. Al Furqaan : 59 ; QS. As-Sajdah : 4 ; QS. Al-A’raaf; QS. Al-Hadiid : 4.

Dari penjelasan di atas terkait penciptaan alam semesta menurut versi nebula, bumi ada lima masa, yakni masa terbentuknya bumi dari debu beriringan dengan terbentuknya seluruh benda angkasa sejak terjadinya peristiwa yang disebut “The Big Bang”, lalu terciptanya bulan sebagai satelit bumi, pembentukan inti bumi, hadirnya air ke bumi, dan terbentuknya oksigen.

Pada kontek ini terjadi perbedaan masa antara versi Al-Qur'an dan nebula.
Al-Qur'an menyebut 6 masa, sedangkan Nebula 5 tahapan. Tapi Sebenarnya tidak ada perbedaan antara versi Al-Qur'an dan nebula, versi nebula menyebutkan tahapan pertama adalah pembetukan dasar dari debu aktiv sehingga membentuk bumi muda tidak berbeda dengan penjelasan Al-Qur'an bahwa 2 masa pertama adalah penciptaan hamparan dan fondasi bagi bumi. Lalu tahapan ke 2 dari versi nebula menyebutkan bahwa terjadinya benturan antara bumi dengan planet lain sehinga membentuk bulan, Al-Qur'an pun menjelaskan bahwa masa ke 2 adalah proses penciptaan langit dan bintang-bintang. Sedangkan tahapan ke 3, 4, dan 5. dari versi nebula dapat di simpulkan menjadi tahapan proses tumbuhnya kehidupan dari makhluk hidup sama dengan apa yang ada di dalam Al-Qur'an bahwa 2 masa terakhir proses penciptaan makhluk hidup yang mendiami bumi.

Untuk mempertegas, perhitungan masa dalam Al-Qur'an ini mengandung arti jangka waktu sedangkan tahapan dalam nebula adalah proses terjadinya hingga selesai. Kita umpamakan saja bahwa 1 masa dalam Al-Qur'an itu lamanya 10.000 tahun, dan tahapan pertama nebula itu membutuhkan waktu 20.000 Tahun. Jadi Al-Qur'an menghitung itu dengan masa bukan dengan tahapan.

Waallahualam bi shoab.

Sumber: Al-Qur'an, discovery chaenel.


Jika merasa Artikel ini bermanfaat,
bagikan artikel ini ke teman Anda lewat tombol di bawah ini »
Bookmark and Share


Mungkin Mau Baca Lagi Yang Ini :



Comments :

0 komentar ke “Penciptaan alam semesta dan isinya menurut Al-Qur'an”




Apa Pendapat Anda ?...

Grafik



feedburner
website hit counter

BASECAMP RHOEDAL

perkuat tali persahabatan kita dengan bergabung di forum BASECAMP RHOEDAL, forum berbagi belajar, dan senang-senang!!!!......
 

Copyright © 2010 by IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Template by Blog Tempate 4 U | Blogspot Tutorial | Edit Template By RHOEDAL