<b>Fadillah bulan suci Ramadhan</b> | IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Fadillah bulan suci Ramadhan

ma'af foto tidak bisa di tampilan, terjadi kesalahan otoritasi

Dengan datangnya bulan Ramadhan maka terbukalah pintu syurga untuk kita semua, karena bulan Ramadhan banyak sekali mengandung fadillah (keuntungan) bagi kita kaum Muslimin dan Muslimat. Abul-Laits Assamaraqandi meriwayatkan dengan sanadnya dari ibn Abbas r.a berkata: bahwa ia telah mendengar Rasulullah SAW. Berpada:

"Sesungguhnya sorga itu di ukup-ukup dan di perhias tiap tahun ketika masuk bukan suci Ramadhan, maka apabila pada malam pertama Ramadhan datang angin dari bawah Arsy yang bernama Almutsirah, maka menggoyangkan daun-daun syurga dan menggerakan daun pintu sehingga terdengar suara bidadari dari jendela-jendela bagian atas syurga dan berseru: siapakah yang meminang kepada Allah untuk di kawinkan seorang dari kami, kemudian bidadari-bidadari itu bertanya kepada Malaikat Ridhwan. Ya Ridhwan, malam apakah ini? Jawab Ridhwan: wahai wanita-wanita cantik ini adalah malam pertama bulan Ramadhan. Kemudian Allah berfirman: ya Ridhwan bukalah pintu-pintu syurga untuk orang-orang yang berpuasa dari umat Muhammad SAW. Dan menyuruh Malaikat Malik: ya Malik tutuplah pintu-pintu neraka jahim dari orang-orang yang berpuasa dari umat Muhammad SAW. Dan berfirman: ya Jibril turunlah ke bumi dan ikatlah syaitan-syaitan yang jahat dan rantailah mereka, kemudian buanglah mereka dalam laut supaya tidak mengganggu puasa umat Muhammad SAW. Dan pada tiap malam Ramadhan, Allah berseru tiga kali: Siapakah yang minta maka akan Aku beri permintaannya, Siapakah yang taubat maka Aku terima taubatnya, Siapakah yang meminta ampun maka akan Aku ampunkan"


Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, yang menjadi khalifah ke dua yaitu Umar Bin Khottob r.a, selalu berujar ketika akan memasuki bulan Ramadhan, beliau berkata "selamat datang bulan yang akan membersihkan kami, sebab Ramadhan semuanya baik, puasa pada siang harinya, dan bangun pada malamnya, dan sedekah pada bulan ini sama saja dengan membelanjai perjuangan jihad fi sabilillah"

Fadillah lain dari bulan Ramadhan ialah berlipat gandanya pahala dari amalan-amalan yang kita lakukan selama bulan Ramadhan. Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda: Allah berfirman:

"semua amal anak Adam akan di lipat gandakan dari sepuluh sampai tujuh ratus lipat ganda, kecuali puasa, maka puasa itu melulu untuk Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia meninggalkan syahwat, makan dan minum karena Ku, dan puasa itu sebagai perisai".


Dan barang siapa yang berpuasa di siang hari pada bulan Ramadhan dan bangun pada malam harinya untuk beribadah kepada Allah karena iman, maka Allah akan mengampunkan dosanya di masa lalu.

Sumber: Tanbihul Ghafilin

Subscribe to receive free email updates: