Doa yang memberikan kebahagian di dunia dan akhirat | IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Doa yang memberikan kebahagian di dunia dan akhirat

do'a sapu jagat. Doa sapu jagat. Doa do'a makbul. Kumpulan do'a-do'a. Doa setelah sholat, do'a ampuh. Doa minta di selamatkan dari siksa neraka. Doa selamat

Taukah akhy, bahwa ada satu ayat dalam Al-Qur'an yang memiliki makna do'a yang sempurna, yang satu ayatnya dapat membahagiakan hidup kita di dunia dan menyelamatkan kita di akhirat. Tahukan akhy apa ayatnya?? Kalau akhy belum tahu, Mari kita selidiki bareng-bareng.

Didalam Islam nih, Begitu banyak do’a dalam Al-Qur’an dan As Sunnah yang mengandung makna yang luar biasa kalau kita amalkan setiap harinya. Menurut Ibnu Katsir rahimahullah ada satu ayat pendek dalam Al-Qur'an yang mempunyai kelengkapan makna dalam berdo'a. Satu ayat pendek tersebut berasal dari surat Al-Baqharah ayat 201. Ayat tersebut sering di sebut juga dengan "SAPU JAGAT", berikut ini ayatnya :
adab berdo'a. Tata krama berdoa. Adat istiadat berdoa
“ Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqinaa‘adzaban naar”

Artinya : Ya Tuhan kami, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka (QS. Al Baqarah: 201).

Coba nih kita perhatikan bagaimana penjelasan Ibnu Katsir mengenai do’a sapu jagat tersebut. Beliau menjelaskan, “Do’a ini sungguh-sungguh telah mencakup permintaan seluruh umat muslim mulai dari kebaikan di dunia dan keselamatan di akhirat.

Permintaan kebaikan di dunia yang dimaksudkan dalam do’a ini mencakup nikmat sehat, rumah yang lapang, istri sholeha, rizki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal sholeh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik dan lain lain lain lain lain lain lain lain lain sebagianya. Hehehe.... Pokoknya semua kebaikan di dunia ada di dalam do'a ini!!!!

Nah Adapun kebaikan di akhirat yang diminta di dalam do’a ini, tentu aja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya kita ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut) dari berbagai kesulitan dan diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat serta berbagai kebaikan di akhirat. Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab dunia yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan
hal-hal syubhat (yang masih samar) dan hal-hal yang haram.

Mungkin Inilah kurang lebihnya penjelasan dari ulama besar bernama Ibnu Katsir rahimahullah, sewaktu beliau menjelaskan surat Al-Baqarah ayat 201. Begitu luar biasa do’a sapu jagad ini, begitu ringkas, namun makna yang dikandung begitu luas dan dalam. Itulah do’a yang seharusnya bisa kita rutinkan.

Sudah sepatutnya lah, do’a yang kita panjatkan harus sudah kita pahami maknanya. Karena hati yang memahami isi do’a tentu saja do’anya akan lebih didengar dan dikabulkan dari pada hati yang lalai. Karena Rasulullah bersabda :
“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.”

Nah yang terakhir nih, Semoga aja uraian singkat ini bisa bermanfaat buat kita semua, dan mari sama-sama kita khusyukan do'a kita agar semua dosa kita di ijabah oleh Dzat yang Esa.

Subscribe to receive free email updates: