Dosa dan hukuman bagi orang yang melakukan riba | IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Dosa dan hukuman bagi orang yang melakukan riba

ma'af foto tidak bisa di tampilan, terjadi kesalahan otoritasi

Taukan apa yang di maksud dengan riba berikut hukuman bagi orang yang melakukan riba??

Di dalam Islam nih, hukum riba adalah haram dan termasuk ke dalam 7 dosa besar, riba sendiri adalah mengurangi atau melebihkan sesuatu pada proses jual beli atau hutang piutang.

Contohnya gini nih kalau riba dalam jual beli, si penjual memainkan timbangan atau takaran agar mendapat untung lebih atau bisa juga memanipulasi barang daganganya yang cacat, rusak, atau busuk. agar bisa terjual dengan membohongi si pembeli. Kalau dalam hutang piutang, riba dapat di contohkan seperti Meminjamkan uang dengan bunga atau sering di sebut lintah darat, atau juga rentenir.

ma'af foto tidak bisa di tampilan, terjadi kesalahan otoritasi

Ada banyak juga hadist yang mengatakan bahwa salah satu dosa yang sulit diampuni adalah riba, karena menurut Abdullah Bin Salaam bahwa "riba mengandung 72 dosa, dan dosa yang terkecil sama dengan berzina dengan ibu kandungnya. Dan satu dirham uang riba lebih berbahaya dari tiga puluh lebih berzina. Allah akan mengizinkan semua berdiri pada hari kiamat baik yang ta'at maupun yang durhaka, tetapi pemakan riba riba tidak dapat bangun kecuali sebagai mana berdirinya orang yang sedang kemasukan jin, sehingga bagaikan orang mabuk tiap berdiri jatuh kembali."

Wah ternyata dosa bagi orang yang berbuat riba gede banget, dosa yang paling kecil aja itu di ibaratin berzina dengan ibu kandung sendiri, apa lagi yang paling gede, wah sulit di bayangin dah. Trus di tambah siksaan di neraka bagi orang yang melakukan perbuatan riba.

Rasulullah Saw bersabda : "pada malam israa' saya telah mendengar di langit ke tujuh suara petir dan halilintar juga kilat. Dan juga saya melihat orang-orang yang besar-besar perut mereka sebesar gedung yang di dalamnya ada ular-ular terlihat dari luar, maka saya bertanya kepada jibril : siapakah mereka itu? Jawab Jibril : mereka pemakan riba."

Naudzubillahi min dzalik!!!! Nyok sama" kita bilang stop pada riba.

Subscribe to receive free email updates: