Mengenal hukum idgom dalam Al-Qur'an

contoh idzgom bigunah dan bilagunah. Pengertian idzgom bigunah dan bilagunah. Sebab idzgom bigunah dan bilagunah. Contoh idgom ma'algunah

Masih tentang nun mati ama tanwin pembahasan kita, kalau kemaren kita belajar tentang pengertian Idzhar kali ini idgom yang akan kita kupas.

Dalam hukum nun mati dan tanwin, idgom dapat di artikan memasukan nun mati atau tanwin kedalam huruf idgom yang enam yaitu : ي‎,ر,م,ل,‎و,ن‎. Idgom sendiri ‎di bagi menjadi 2 bagian yaitu : Idgom Bigunah dan Idgom Bilagunah.

1. Idgom Bigunah (إدغام بغنة).
Proses terjadinya idgom Bigunah dalam Al-Qur'an itu yakni, Bila mana ada Nun mati atau tanwin menghadapi salah satu huruf idgom Bigunah yang empat yaitu : ي‎,م,‎و,ن‎. Maka cara membacanya harus di masukan sambil di dengungkan, contohnya :
nun mati menghadapi IYAH / يُ
مَن يُفْسِدُ
nun mati menghadapi WA'UH / و
مَن‎ ‎وليد‎ ‎

2. Idgom Bilagunah (إدغام‎ ‎بلا‎ ‎غنة)

Pengertian Idgom Bilagunah yakni memasukan nun mati atau tanwin kedalam huruf Idgom Bilagunah yang dua yaitu : ل dan ر‎. T‎‎api membacanya tidak di dengungkan.
Contohnya seperti :
nun mati menghadapi RA / رَّ
مَنْ رَّحِمَ
nun mati menghadapi LA / ل‎ ‎

مَنْلمَ‎ ‎

Proses terjadinya Idgom Bilagunah Sama halnya dengan Idgom Bigunah, hanya cara membacanya aja yang beda. Kalau di Idgom Bigunah bacanya sambil dengung tapi kalau di Idgom Bilagunah cara bacanya gak pake dengung, Mudahkan!!!!

Subscribe to receive free email updates: