Sepuluh sahabat Rasulullah yang di jamin langsung masuk syurga | IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Sepuluh sahabat Rasulullah yang di jamin langsung masuk syurga

kisah sepuluh sahabat. Keteladanan para sahabat, kisah para sahabat.

Pernah denger kan bahwa ada 10 dari sahabat Rasulullah Saw yang di jamin langsung masuk ke dalam syurga. Emangnya siapa aja sih yang di jamin Rasulullah Saw langsung masuk ke syurga dan perbuatan apa aja sih yang telah mereka perbuat sehingga mendapat kemulyaan yang sebegitu tinggi. Pengen tau,,, langsung aja kita ke TKP.

Allah Swt telah berfirman dalam surat At-taubah ayat 100.
kisah sepuluh sahabat. Keteladanan para sahabat, kisah para sahabat.
artinya : "orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridho kepada mereka dengan mereka dan mereka ridho kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung."

kalau Allah telah ridho dengan seseorang maka balasan yang sangat setimpal memanglah syurga, walaupun ke 10 orang sahabat ini tidak pernah mengharapkan syurga sebagai suatu pembalasan dari amal ibadahnya karena mereka semata-mata cuma ingin mengharapkan ke ridhoan Allah Swt saja, mereka beribadah karena keimaman dan ketaqwanya, mereka sadar bahwa mereka hanya akan kembali kepada Allah Swt Dzat yang Esa.

    1. Abu Bakar As-Shidieq r.a
    salah satu tokoh arab yang cukup di segani pada waktu itu, orang yang termasuk Ashabigunal Awwalun (golongan pertama masuk Islam), Khalifah pertama setelah Rasulullah meninggal, beliau bergelar As-Shidieq yang berarti yang paling benar.
    2. Umar Bin Khatab r.a
    Sebelum masuk Islam beliau adalah salah seorang yang memerangi umat islam dengan tidak segan-segan membunuhnya, beliau sendiri di juluki sebagai singa padang pasir karena kesadisnya. Tapi setelah beliau masuk Islam, beliau adalah tonggak pelindung umat Islam dari kaum kafir, setelah Abu Bakar meninggal ia menjadi khalifah ke dua untuk meneruskan syiar Islam.
    3. Utsman Bin Affan r.a
    sudah tidak terhitung berapa banyak harta yang di korbankan untuk membantu dakwah Rasulullah dalam menyiarkan Islam, menjadi khalifah ke tiga setelah Umar bin Khatab, salah satu kebijakannya yang masih kita bisa nikmati adalah membukukannya Al-Qur'an sehingga menjadi satu kitab yang utuh.
    4. Ali Bin Abi Thalib r.a
    Sebagai khalifah ke empat, beliau terkenal sangat pintar dan ahli siasat perang, selain Umar Bin Khatab beliau juga sosok seorang pemberani, membela Islam sejak masih kanak-kanak.
    5. Thalhah Bin Abdullah r.a
    selalu ikut dalam peperangan yang di lakoni umat Islam, kecuali perang Badar. Beliaulah yang mengorbankan jari tangannya hingga putus saat mempertahankan Rasulullah dari sabetan pedang kaum kafir.
    6. Zubair Bin Awaam r.a
    beliau ikut dalam semua peperangan umat muslim, pernah dua kali hijrah ke Habasyah, dan sahid pada waktu perang jamal.
    7. Sa'ad Bin Abi Waqqas r.a
    mengikuti Islam pada usia 17 tahun, dan ikut dalam semua peperangan.
    8. Sa'id Bin Zaid r.a
    sejak kecil sudah masuk Islam, mengikuti semua peperangan, dan pernah di tugaskan memata-matai kaum quraish bersama Thalhah Bin Abdullah.
    9. Abdurahman Bin Auf r.a
    masuk Islam dari kecil dan mengikuti semua peperangan.
    10. Abu Ubaidillah Bin Jarrah r.a
    ikut hijrah Habasyah pada periode ke dua dan mengikuti seluruh peperangan.


dari ke 10 sahabat tadi, semuanya adalah contoh yang harus kita teladanin dan kita contoh kesetiaan terhadap Islam. Mereka semua memperjuangkan Islam rela mengorbanka harta, bahkan nyawanya sendiri meraka relakan untuk di korbankan untuk syiarnya Islam.

Nah kita nih sebagai generasi penerus harus tetap mensyiarkan Islam walau dengan gaya dan metode kita sendiri. Kalau saya sih dengan nulis seperti ini, walaupun saya gak tau efektif apa enggak!!!! Yang penting kan udah usaha. hehehe....

Subscribe to receive free email updates: