Pengertian hukum qalqalah sughro dan kubro | IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Pengertian hukum qalqalah sughro dan kubro

cara membaca al-qur'an. hukum qolaqolah, cara membaca qalqalah. Pengertian qalqalah. Belajar takwid. Mengenal hukum-hukum tajwid.

Mari sama-sama kita lanjutkan pelajaran tajwid kita yang sudah lama terhenti. Untuk pembahasan kali ini kita akan mengupas hukum qalqalah (kolkolah).

Dalang ilmu tajwid pembagian qalqalah itu terbagi menjadi 2 macam, yaitu qalqalah sughro (kecil) dan qalqalah kubro (besar). Ke 2 jenis qalqalah ini mempunyai huruf yang sama yaitu : qaf (قَ), tho (ط), ba (بْ), jim (جَ) dan dal (دَ).

Lalu bagaimanakah kita dapat membedakan mana yang di maksud qalqalah sughro atau qalqalah kubro. Cara membedakan hukum qalqalah adalah melihat letak huruf qalqalah matinya di akhir atau di tengah kalimat. kalau huruf qalqalah mati di tengah kalimat berarti hukumnya qalqalah sughro, begitupun sebaliknya jika matinya di akhir kalimat maka hukumnya qalqalah kubro. Sedangkan cara membaca qalqalah itu wajib di kendalkan.

Mungkin pembahasan hukum-hukum tajwid yang sering anda baca di blog saya ataupun blog lain agak membingungkan, saya pun memahami betul, karena memang sebaiknya belajar hukum tajwid harus langsung kepada orang yang faham akan ilmu tajwid, karena ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari BACAAN Al-Qur'an bukan hitungan atau tulisan yang dapat dengan mudah kita mempraktekannya.

Karena ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari bacaan jadi yang berkerja adalah mulut dan telinga. Mulut untuk mengucapkan bacaan, sedangkan telinga untuk mengetahui makhrizul huruf, harkat dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates: