Hukum kopi Luwak | IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Hukum kopi Luwak

hukum meminum kopi luwak. Asal muasal kopi luwak. Tradisi kopi luwak

Kopi Luwak adalah jenis kopi menggunakan biji kopi yang diambil fases luwak (kotoran luwak/musang kelapa). Biiji kopi ini
diyakini memiliki cita rasa yang sangat berbeda setelah dimakan dan
melewati saluran pencernaan luwak. Kenikmatan kopi jenis ini di kawasan Asia Tenggara telah
lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an. Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, karena tidak semua biji kopi bisa di makan oleh luwak, luwak hanya memakan biji kopi yang benar-benar matang, harga kopi luwak sendiri bisa mencapai 4.5 juta Rupiah pergram.

Karena penikmat kopi luwak semakin hari semakin bertambah, kisruh soal status halal atau haramnya KOPI LUWAK kini di mulai perdebatkan. Banyak yang mengatakan haram, tapi tidak sedikit pula yang mengatakan halal.

Majelis Ulama Indonesia (MUI), selaku lembaga yang menangani hal tersebut pun mengeluarkan fatwa menyangkut kisruh tesebut. Ma'ruf Amin selaku Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam keterangan pers menyatakan biji kopi yang dikeluarkan bersamaan kotoran musang luwak, halal, asal dibersihkan.
"Kami memutuskan bahwa Kopi luwak bisa dinyatakan halal
setelah melalui proses pencucian, Tidak perlu dicuci tujuh kali atau menggunakan debu, Kalau yang pecah, itu lembab, benyek, ya tentu itu najis karena terkena kotoran."
kata beliau.
binatang luwak
frases luwak
Biji kopi yang keluar bersamaan dengan kotoran luwak adalah barang mutanajis (barang yang terkena najis). Namun, apabila biji tersebut masih utuh dan kemudian dibersihkan, maka kemudian statusnya menjadi suci.

Berbeda jika biji kopi tersebut sampai pecah, maka biji akan menjadi lembab dan beyek dan otomatis terkena kotoran. Maka biji kopi yang keluar bersama kotoran luwak itu hulunya menjadi najis.

Kini fatwa MUI membolehkan
penikmat kopi luwak secara bebas meminum, memproduksi atau memperjualbelikannya. Syaratnya seperti yang disebutkan di atas. Segala sesuatu yang bersih
akan baik untuk kita, dan segala sesuatu yang kotor
akan buruk bagi kita.

Subscribe to receive free email updates: