Ketetapan pemerintah RI tentang hari raya Idul Adha | IRAN | Ikatan Remaja Amaliyah Nurul Huda

Ketetapan pemerintah RI tentang hari raya Idul Adha

hari saya idul adha. Cara menentukan idul adha. Hari raya qurban. Tanggal idul adha. Ketepatan waktu hari raya idul adha

Badan Hisab dan Rukyah Kementerian Agama RI akhirnya memutuskan bahwa Idul Adha 1431 Hijriah atau tanggal 10 Dhulhijjah jatuh pada hari Rabu, 17 Nopember 2010.
Sebelumnya, Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Adha jatuh pada tanggal 16 Nopember 2010.

“ Kami menetapkan 1 Dhulhijjah 1431 Hijriah jatuh pada hari Senin, 8 Nopember 2010, sehingga secara otomatis Idul Adha atau 10 Dhulhijjah jatuh pada hari Rabu. 17 Nopember,” ungkap Nasaruddin Umar, Dirjen Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama, di Jakarta, Senin (08/11) kemarin.

Berdasarkan posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia pada Sabtu (06/11) atau 29 Dzulqaidah 1431 Hijriyah, ketinggiannya masih di atas ufuk tapi di bawah dua derajat. Karena hal inilah sehingga belum bisa dikatakan masuk dalam bulan Dzulhijja, jadi bulan sebelumnya digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian, maka 1 Dzulhijjah ditetapkan setelahnya yaitu pada Senin 8 November 2010.

Penetapan tersebut ditetapkan dalam sidang itsbat awal Dzulhijjah 1431 Hijriyah di auditorium Kementerian Agama yang dihadiri organisasi masyarakat (Ormas) Islam. Penetapan pemerintah tersebut sama dengan hasil penampakan hilal yang dilakukan sebagian besar Ormas Islam seperti Al-Wasliyah, Nahdatul Ulama, Persatuan Islam (Persis), Dewan Dakwah Islamiyah.

Subscribe to receive free email updates: