-->

Tanda baca atau Syakal dalam Al-Qur'an

tanda baca al quran, tanda syakal, membaca al quran
Tau kan ilmu tajwid??? Itu loh ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al-Qur'an dengan benar, Mulai dari panjang pendek, makhrozul hurup, sampai dengan tentang waqof'. Kalau di ibarat kan Tajwid itu bisa di bilang rambu" dalam membaca Al-Qur'an, agar tertib dan teratur. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Muzzammil ayat 4.

artinya: Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan/tartil (bertajwid) [Q.S. Al-Muzzammil (73): 4].

Emang sih belajar ilmu tajwid itu hukumnya cuman fardhu kifayah, alias satu orang yang mempelajari Tajwid gugurlah kewajiban orang yang di sekitarnya, tapi harus tau membaca Al-Qur'an tanpa tajwid hukumnya haram.

Kalau begitu Nyok kita belajar Tajwid, yang pertama kita harus sudah mengenal nama-nama tanda baca dalam Al-Qur'an atau juga di sebut syakal.
1. Fatah
atau ada juga yang menyebutnya dengan jaber, di baca a

2. Kasroh
Atau juga disebut je'er, di baca i

3. Domah
Disebut juga fe'es, di baca u

4. Fatah ta'in
dibaca an

5. Kasroh ta'in
dibaca in

6. Domah ta'in
dibaca un

7. Sukun
huruf yang terdapat tanda sukun harus di matikan bacaannya

8. Tasdzid / saddah ma'af tidak bisa di tampilkan
cara membacanya harus di tekan.

9. Sukun ashl ma'af tidak bisa di tampilkan
memanjangkan bacaan dalam mad.

10. Waqof' menandakan berhenti atau melanjutkan bacaan Al-Qur'an.


Berarti ada sepuluh tanda baca dalam Al-Qur'an yang musti kita fahami. salah satu saja, kita salah membaca maka akan merubah arti dan makna yang terkandung dalam Al-Qur'an.

Nah bagi kita" nih yang baru belajar membaca Al-Qur'an jangan takut salah deh, karena eh karena salahnya orang yang sedang belajar Al-Qur'an itu dapetnya bukan dosa tapi pahala. Oke kan, salahnya aja dapet pahala apalagi benernya.

Selamat belajar deh, semoga cepet lancar membaca Al-Qur'annya dan ayo kita ciptakan generasi muslim yang handal baca tulis Al-Qur'an.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter