-->

Makna dan arti yang sesungguhnya tentang rukun agama

pengertian rukun agama, pengertian iman, islam, ihsan,

Dalam berkehidupan umat Islam selalu berpegang teguh terhadap 2 hal sebagai landasan bermasyarakat dan beribadah yaitu Al-Qurán dan  Hadist. Islam sebagai agama samawi memiliki  rukun agama yang terdiri dari 3 hal yaitu, Ihsan, Iman, dan Islam. Trilogi ini biasa juga di sebut Ahlak, Akidah, dan Ibadah.


Ketiga trilogi itu akan saling terhubung dan membentuk satu kesatuan yang utuh sehingga membentuk ketauhidan yang kuat, Iman sebagai keyakinan, Islam sebagai Pembuktian keyakinan, dan Ihsan sebagai etika pembuktian keyakinan.

  • Iman. Menurut bahasa iman berarti yakin atau percaya, sedangkan iman menurut istilah ialah di ucapkan dengan lisan, di yakini dalam hati dan dibuktikan dengan perbuatan. "Tashdiqun bil qolbi ikrarun bil lisan wa 'amalun bil arkan".
  • Islam. Kata Islam berasal dari bahasa arab yaitu aslama yang berarti pasrah, selamat, berserah diri, patuh. orang yang memeluk Islam berarti orang yang patuh dan tunduk serta berserah diri hanya kepada Allah SWT.
  • Ihsan. Sama seperti Islam, Ihsan sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu Ahsan yang berarti kebaikan. Sedangkan menurut istilah berarti mengabdi dan berbakti kepada Allah SWT atas dasar kepatuhan dan keikhlasan. Ihsan dapat juga dimaknai seperti hadist Rosulullah SAW yang di riwayatkan Imam Bukhori. "Ihsan hendaknya kamu beribadah kepada Allah seolah-olah kamu melihat-Nya, dan jika kamu tidak dapat melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihat kamu.”
Demikianlah arti dan makna rukun agama, semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua. Berikanlah saran dan kritik di kolom komentar, agar kami bisa memperbaiki dan menjadi lebih berguna. terima kasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter